6 Manfaat Berpelukan Untuk Kesehatan

 Kesehatan

6 fakta tentang manfaat berpelukan bagi kesehatan yang perlu diketahui

 

Kita pasti sering berpelukan dengan seseorang, baik itu pada saat sedang mengalami momen kebahagiaan atau ketika bertemu dengan orang yang paling kita cintai, mereka bisa orang tua, anak-anak, suami, istri, dan orang-orang terdekat anda. Sebuah pelukan sering kali memberikan kita kebahagiaan dan sukacita dimana terkadang emosi dan perasaan tersebut tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata.

Berpelukan juga dapat membuat masalah anda terlihat berkurang dan mendapatkan dukungan mental serta kepercayaan diri untuk menghadang segala cobaan yang ada di depan mata. Namun ternyata, selain mempengaruhi mental, berpelukan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan anda. Dan berikut telah kami rangkum hal-hal bermanfaat dari berpelukan yang berkaitan dengan kesehatan.

 

Merileksasikan Tubuh Anda

Berpelukkan atau memeluk seseorang dapat membuat otot-otot anda menjadi lebih rileks karena bisa melepaskan ketegangan dalam tubuh anda. Peluklah seseorang yang anda cintai setiap harinya. Selain memberikan dukungan mental kepada mereka, juga sangat bermanfaat untuk diri anda sendiri.

 

Meredakan Sakit

Berpelukan dapat melepaskan endorfin yang dapat meredakan sakit dengan memblokir jalur nyeri dan menenangkan rasa sakit dengan meningkatkan sirkulasi ke jaringan lunak. Dengan begitu, bisa menghilangkan peptida yang menstimulasi rasa nyeri seperti bradikinin. Jadi ketika anda merasakan sakit, cobalah peluk seseorang yang anda cintai.

 

Meredakan Depresi dan Gangguan Neurodegenerative

Berpelukan dapat meningkatkan produksi dofamin pada otak anda, dan ini bisa terlihat pada pemeriksaan otak PET Scans. Orang-orang yang menderita gangguan mood dan Parkinsonism ternyata memiliki tingkat dofamin lebih rendah. Jadi, jika anda melihat seseorang sedang depresi, cobalah beri dia pelukan, sehingga dapat menghasilkan sedikitnya perasan senang dalam hidup mereka.

 

Meningkatkan Suasana Hati

Memeluk dapat meningkatkan produksi serotonin dari otak anda, yang bisa meningkatkan mood dan rasa kepercayaan diri anda. Seseorang yang menderita depresi serta kesepian cenderung memiliki tingkat serotonin yang rendah. Sementara memeluk dapat membuat otak melepaskan serotonin dan endorfin ke pembuluh darah untuk menciptakan kesenangan dan menghilangkan kesedihan. Berpelukan juga bisa meningkatkan kinerja di tempat kerja dan sekolah. Jadi, peluklah pasangan atau anak anda saat mereka terlihat sedang down.

 

Meredakan Stres

Berpelukan dapat meredakan stres dengan menurunkan tingkat sirkulasi kortisol (hormon stres) dalam darah. Ini menyebabkan pikiran anda lebih tenang. Penelitian di Emory University juga menemukan hasil menakjubkan dari sentuhan yang dapat menghilangkan stres.

 

Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Mengurangi Detak Jantung yang Tinggi

Memeluk dapat mengurangi detak jantung yang tinggi, ini ditunjukkan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Univerity of North Carolina, Chapel Hill, dimana para peserta yang tidak memiliki kontak dengan pasangan mereka terlihat detak jantung mereka meningkat 10 detakan per menit dibandingkan mereka yang memeluk pasangan mereka. Sementara menurunkan detak jantung yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah dan penyakit jantung.

 

Itulah beberapa manfaat berpelukan bagi kesehatan manusia. Masih banyak tips lainnya yang ingin MbakMaya bagi untuk para pembaca, jadi jangan bosan dan terus untuk mengunjungi situs MbakMaya.com untuk mendapatkan berbagai informasi dan tips menarik lainnya.

Tags: foto berpelukan, manfaat berpelukkan

Author: