mengenal penyakit Psoriasis, yang menyerang istri caesar YKS

 Kesehatan, kulit

 

Penyakit Psoriasis kini menjadi banyak pertanyaan orang. Hal tersebut dikarenakan salah satu selebriti indonesia, indadari, yang juga merupakan istri dari komedia Caesar terjangkit penyakit Psoriasis. Lalu apa dan seperti apa penyakit tersebut, mari kita bahas secara singkat tentang penyakit ini.

Penyakit terjadi pada dan menyerang kulit dalam jangka panjang dan kronis. Di Indonesia sendiri terdapat Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia yang ada sejak tahun 2006 lalu. Namun belum diketahui secara pasti berapa jumlah penderita Psoriasis di Indonesia.

 

Penyebab penyakit Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit yang penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun Psoriasis diduga awalnya terjadi karena adanya masalah pada autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel kulit yang sehat. Belum diketahui juga kenapa sistem imun atau sistem kekebalan tubuh bisa menjadi keliru dalam kinerjanya. Sehingga sel yang seharusnya melawan infeksi justru malah menggandakan diri menjadi sebuah infeksi ketika seseorang mengalami gangguan misalnya cedera pada kulit, hingga menyebabkan kulit menjadi tebal, memerah, kulit terkelupas, dan menjadi kering bahkan menjadi bersisik.

Pada orang normal biasanya ketika mengalami luka maka tubuh akan memproduksi dan mengganti sel kulit baru pada sel kulit yang mati dalam hitungan beberapa minggu. Sedangkan pada penderita Psoriasis pergantian sel kulit berjalan begitu cepat dalam hitungan hari, sehingga terjadi penumpukan sel lama atau sel kulit mati. Keadaan tersebut membuat kulit menjadi tebal, memerah dan bersisik.

Dugaan lainnya yang menyebabkan penyakit Psoriasis ialah adanya infeksi tenggorokan, luka pada kulit, dan juga akibat penggunaan obat-obatan tertentu. Selain itu faktor keturunan juga diduga dapat mempengaruhi hingga membuat seseorang menjadi mengidap penyakit ini.

  • Psoriasis pada infeksi tenggorokan. Psoriasis gutata biasa menyerang pada anak-anak atau remaja setelah mereka mengalami infeksi pada tenggorokannya.
  • Psoriasis pada luka di kulit, hal tersebut bisa terjadi karena kulit cedera misalnya seperti tergores, gigitan serangga dan terbakar matahari.
  • Psoriasis akibat obat-obatan tertentu, misalnya seperti litium, obat-obatan pada penderita tekanan darah tinggi serta obat pada antimalaria. Selain itu minum mniuman keras berlebih juga dapat memicu penyakit ini.

 

Gejala penyakit Psoriasis

Untuk gejalanya sendiri sama seperti ketika seseorang terkena Psoriasis dimana kulit akan menjadi terasa tebal, memerah dan bersisik. Namun kadarnya pada setiap penderita akan berbeda-beda, ada yang ringan bahkan cendrung tidak terlihat gejalanya namun semakin hari semakin bertambah. Gejalanya juga bisa terlihat sangat parah seperti kulit pecah hingga berdarah, kuku menjadi kaku dan tebal hingga persendian terasa menjadi kaku. Namun seorang pengidap juga tidak akan semuanya mengalami gejala tersebut, karena Psoriasis memiliki beberapa jenis, yaitu.

  • Gejala Psoriasis plak di kulit

Muncul plak pada kulit yang menyebabkan kulit kering, bersisik dan memerah. Plak tersebut bisa muncul dimana saja, namun umunya pada kulit siku, lutut, dan di kepala. Plak tersebut juga akan terasa sangat gatal, perih bahkan menyebabkan luka.

  • Gejala Psoriasis pada kuku

Ketika Psoriasi menyerang pada kuku maka akan terjadi perubahan pada kuku, adanya cekungan kecil di kuku, pertumbuhan kuku menjadi tidak normal dan tidak seperti biasnaya, atau kuku terkelupas. 50% dari penderita Psoriasis mengalami gejala pada kukunya.

  • Gejala Psoriasis kulit kepala

kulit kepala akan mengelupas dan berjatuhan seperti halnya ketombe, kulit kepala akan menjadi terasa gatal dengan munculnya sisik tebal pada kulit kepala, ruam dari kulit yang menebal tersebut bisa mejadi besar hingga melewati garis rambut.

  • Gejala Psoriasis inversi

Gejala ini biasanya menyerang pada ipatan kulit seperti pada ketiak, selangkangan, bawah payudara atau bokong. Biasanya akan muncul ruam kemerahan yang halus dan akan bertambah parah jika terjadi gesekan kulit atau terkena keringat.

  • Gejala Psoriasis gutata

Biasanya muncul di lengan, kaki dan kulit kepala, terdapat bintik-bintik ruam seperti tetesan air. Pada permukaan kulit bagian atasnya akan berisisik dan biasanya muncul setelah adanya infeksi atau radang tenggorokan.

  • Gejala Psoriasis pustular

Pada Psoriasis pustular ruam merah yang ada pada kulit bisa melepuh bahkan bisa berisi anah. Akan muncul ruam pada kulit namun berkelompok pada bagian kulit tangan, kaki atau di ujung jari. Ketika Psoriasis pustular menyebar ke seluruh tubuh, maka tubuh akan terasa menggigil, demam, dan terasa gatal.

  • Gejala Psoriasis eritrodermik

Pada penderita Psoriasis ini ruam yang timbul akan terasa sangat gatal bahkan menjadi terasa seperti terbakar. Prorisis jenis ini dapat berdampak pada kadar cairan di tubuh dan protein di tubuh, hingga dapat menyebabkan malnutrisi, dehidrasi, hingga gagal jantung.

  • Gejala Artritis psoriasis

Kulit akan menjadi iritasi dan bersisi disertai perubahan warna kuku. Jika terjadi pada persendian persendian akan menjadi kaku, jika tetap dibiarkan dan menyebar maka dapat meyebabkan cacat secara permanen.

 

Pengobatan penyakit psoriasis

sebenarnya langkah pengobatan pada penderita psoriasis belum ada, namun dengan penanganan yang tepat gejala akan berkurang dan tekstur kulit yang terserang dapat diperbaiki. Saran kami jika kamu mengalami gejala seperti yang dijelaskan di atas segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Adapun beberapa proses pengobatan yang biasanya dilakukan adalah.

  • Pengobatan penyakit psoriasis dengan obat Oles

Obat oles berupa salep dan krim berguna untuk mengurangi kecepatan produksi sel dan inflamasi. Pemberian obat jenis oles diberikan untuk penderita psoriasis ringan atau menegah. Bisa juga dengan sampo untuk mengobati psoriasis di kepala. Mengenai jenis obat oles apa yang cocok pada penderita haruslah disertai dengan resep dokter, beberapa jenis obat diantaranya Kortikosteroid, Calcineurin inhibitors, Analog vitamin D, Coal tar atau Dithranol.

  • Pengobatan penyakit psoriasis dengan Terapi Cahaya (Fototerapi)

Fototerapi adalah metode alternatif untuk beberapa jenis penyakit psoriasis yang tidak dapat ditangani dengan obat oles. Untuk proses fototerapi biasanya dilakukan oleh dokter ahli kulit dengan menggunakan sinar ultraviolet A dan B.

  • Pengobatan penyakit psoriasis dengan minum obat

Jika metode oles dan fototerapi tidak edektif makan bisa dengan minum obat. Obat haruslah dengan mengikuti resep dari dokter. Untuk obatnya sendiri biasanya adalah Methotrexate, Ciclosporin atau Acitretin. Untuk obat minum biasanya diberikan ketika penderita psoriasis dalam tingkat keparahan yang telah tinggi.

  • Pengobatan penyakit psoriasis dengan Suntikan dan Infus

Untuk penanganan penyakit Psoriasis dengan tingkat keparahan yang tinggi, biasanya akan diberikan suntikan dan infus. Hal tersebut bertujuan untuk menurunkan reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan. Hingga inflamasi dan regenerasi kulit nantinya dapat berkurang. Untuk jenis obat suntik dan infus pada penderita psoriasis biasanya adalah ustekinumab, adalimumab, etanercept, atau infliximab.

 

Itulah beberapa informasi tentang penyakit Psoriasis, kami sarankan untuk menghubungi dokter jika anda mengalami gejala seperti yang dijelaskan di atas. Tidak atau jangan melakukan diagnosis sendiri dengan kemudian menggunakan obat tersebut di atas, karena penggunaan dosis yang salah bisa berbahaya. Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tags: contoh penyakit istri caesar, istri caesar sakit, istri caesar yks sakit, jenis penyakit indadari, seperti apa penyakit kulit istri caesar bersisik, youtube penyakit kulit psoriasis, istri caesar psoriasis, penyakit istri caesar

Author: